PENGARUH KELAS GIZI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN IBU DAN BERAT BADAN BALITA DALAM PENANGANAN MASALAH GIZI KURANG DI KOTA MATARAM

Kurang energi protein (KEP) pada anak umur dibawah lima tahun (balita) masih merupakan masalah kesehatan masyarakat diIndonesia. Hasil riset kesehatan dasar 2007 (Departemen Kesehatan RI, 2008) menunjukkan prevalensi balita Gizi Kurang 18,4%, balita  pendek 36,8%, dan balita kurus13,6%. Sementaraitu, di Propinsi Nusa  Tenggara Barat (NTB) prevalensi balita Gizi Kurang 24,8%, balita pendek 43,7% dan balita kurus 15,5%. Prevalensi  Balita Gizi Kurang tahun 2007 di Kota  Mataram sebesar 14,1% yang berarti belum mencapai target nasional perbaikan gizi tahun 2015 dan MDGs 2015 (10%). Demikian halnya dengan prevalensi pendek dan sangat pendek sebesar 35,2% yang berarti juga belum mencapai target nasional perbaikan gizi tahun 2015 dan MDGs 2015 (20%) (Depkes, 2008). Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penyuluhan gizi seimbang melalui kelas gizi sebagai upaya dalam pemberian pendidikan kesehatan. Kegiatan dimaksud pada hakekatnya adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, kelompok atau individu. Dengan harapan bahwa dengan adanya pesan tersebut, masyarakat, kelompok atau individu dapat memperoleh pengetahuan kesehatan yang lebih baik. Akhirnya pengetahuan tersebut diharapkan dapat berpengaruh terhadap perilakunya, (Soekidjo Notoatmodjo,2007).

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kelas gizi terhadap Pengetahuan, Sikap, Tindakan Ibu balita dan Berat Badan Balita dalam Penanganan masalah Gizi Kurang di Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan one group pre and post-test design (Notoatmodjo,2002). Data awal subjek berupa status gizi diambil sebelum kelas gizi. Data akhir (post test) dilakukan setelah kelas gizi (hari ke 30).

Kata Kunci : Kelas gizi, Status gizi, Gizi Kurang

 

Peneliti Utama : Taufiqurrahman, SKM, MPH

Anggota Peneliti :

  1. Herta Masthalina, SKM, MPH
  2. Mardiansyah, SST

Tentang jurnalgiziprima

Jurnal gizi prima
Pos ini dipublikasikan di Peneltian tahun 2011. Tandai permalink.

Satu Balasan ke PENGARUH KELAS GIZI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN IBU DAN BERAT BADAN BALITA DALAM PENANGANAN MASALAH GIZI KURANG DI KOTA MATARAM

  1. muslimah berkata:

    ass,,gmn trikx supaya program ini bisa sesuai dgn tujuan yang di harapkan soalx di pkm saya sedang di laksanakan kegiatan kelas gizi dan masih belum menunjukan perubahn yang signifikan…karena kendala monev petugas cuman 3 hari ,jd petugas gizi tdk selalu hadir pada saat kelas gizi selama 12 hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s