PEMANFAATAN DATA DAN INFORMASI SURVEILENS GIZI (www. sigizi.com) SEBAGAI BAHAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PROGRAM GIZI DI PUSKESMAS SE KABUPATEN LOMBOK BARAT

Latar Belakang. Masalah gizi dapat berdampak terhadap kualitas sumber daya manusia yang sangat diperlukan dalam pembangunan. Gangguan gizi pada balita dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak. Anak di bawah umur lima tahun termasuk salah satu kelompok yang berisiko tinggi mengalami gangguan perkembangan fisik apabila ada gangguan gizi. Sistem informasi kesehatan di Kabupaten Lombok Barat  belum sepenuhnya terlaksana secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa permasalahan yang menyangkut data dan informasi kesehatan, seperti data yang kurang akurat, inkonsistensi data maupun data yang tidak reliabel, pengiriman data yang lambat, pengolahan dan penyajian data yang jarang dilakukan.

 Tujuan penelitian adalah mendapatkan gambaran tentang pemanfaatan data dan informasi surveilens gizi (www.sigizi.com) sebagai bahan untuk pengambilan keputusan program gizi di puskesmas se Kabupaten Lombok Barat . Metode Penelitian dilakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan, yaitu mulai bulan Juli sampai dengan bulanNovember 2011. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif terhadap pengelolaan data dan informasi. Sampel yang sekaligus subyek (partisipan) dalam penelitian ini adalah seluruh Tenaga Pelaksana Gizi (TPG). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), indepth interview (wawancara mendalam), Diskusi Kelompok Terarah/Focus Group Discussion (DKT/FGD), kuesioner dan dokumentasi.

 Hasil penelitian. Berdasarkan hasil FGD didapatkan bahwa ketepatan waktu pengiriman laporan yang bervariasi, sebagian besar menyatakan laporan lengkap baru bisa dikirim ke Dikes Lobar di atas tanggal 10 setiap bulannya. 10 orang peserta  semuanya menyatakan mengenal namun hanya 2 orang yang pernah berkunjung ke situs tersebut yaitu masing-masing TPG dari Puskesmas Gerung dan Puskesmas Pelangan. Beberapa Puskesmas yang kreatif dalam menyikapi problema di wilayahnya akan segera merespon apabila terdapat kasus yang muncul. Masalah yang sering dihadapi TPG adalah banyaknya format pelaporan yang tersedia, karena selain kesulitan cara mengisi  formatnya juga sering berganti-ganti. Berdasarkan hasil Indepth interview : partisipan belum pernah memanfaatkan data yang tersedia di situs mengingat kelengkapan dan ketepatan data. Dari data yang masuk dari Puskesmas menurut partisipan telah diberikan feed back (umpan balik) satu tahun sekali yaitu pada bulan April 2011. Sedangkan berdasarkan hasil observasi tampak bahwa penanganan data masih banyak mengandalkan  pengelolaan secara manual. Untuk penyajian data (display) telah menggunakan grafik dengan komputer dan sudah cukup update. penyajian data dilakukan di ruangan gizi sehingga bagi lintas program kurang mengena.

 Saran. Perbaikan pengelolaan dan pelaporan data gizi memang harus ditekankan agar alur data dari mulai sumber data hingga publikasi dan umpan balik perlu dibuatkan semacam prosedur yang jelas, format yang baku dan tidak sering berganti-ganti. Butuh pemahaman dan cara pandang yang sama terhadap pentingnya data tersebut.

(saat  ini situs dimaksud dapat di lihat dengan mengklik di sini)

Kata Kunci : Pengelolaan Data dan Informasi, Status Gizi Balita, Pengambilan Keputusan

 

Peneliti Utama : Susilo Wirawan, SKM, MPH

Anggota Peneliti :

1. Lalu Khairul Abdi, SKM, M.Kes

2. Ni Ketut Sri Sulendri, SST, MPH

 

Tentang jurnalgiziprima

Jurnal gizi prima
Pos ini dipublikasikan di Peneltian tahun 2011. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s