PENGARUH STATUS GIZI PADA ANAK UMUR 2 TAHUN KE BAWAH DAN STIMULUS LINGKUNGAN TERHADAP TINGKAT KECERDASAN ANAK UMUR 5 – 6 TAHUN DI KOTA MATARAM PROPINSI NTB

Perkembangan kecerdasan selain di pengaruhi status gizi juga dipengaruhi oleh stimulasi dari lingkungan. Stimulasi memegang peranan penting dalam memaksimalkan kecerdasan anak. Stimulasi diperlukan agar hubungan antar sel syaraf otak (sinaps) dapat berkembang (Sophia,2009).

Tujuan penelitian mengkaji pengaruh gizi buruk pada anak umur 2 tahun ke bawah dan stimulus lingkungan terhadap tingkat kecerdasan  anak usia 5-6 tahun di Kota Mataram Propinsi NTB. Penelitian observasional analitik dengan rancangan kohort retrospektif,  kelompok terpapar sebanyak 21 dan tidak terpapar gizi buruk sebanyak 20 orang. Data status gizi umur 2 tahun kebawah diperoleh dari laporan Puskesmas. Status gizi saat ini diukur dan dihitung dengan bantuan perangkat lunak Antroplus 2005. Tingkat kecerdasan anak diukur dengan menggunakan metode Colour Progressive Matrics (CPM).

Stimulus keluarga pada kelompok riwayat gizi buruk sebagian besar (61.9%) kategori kurang, pada kelompok riwayat gizi baik sebagian besar (55.0%)  kategori baik. Tingkat kecerdasan anak umur 5-6 tahun yang kurang dari rata-rata pada kelompok riwayat gizi buruk sebanyak 42.9%, pada kelompok riwayat gizi baik sebanyak 35.0%.

Kata Kunci : gizi buruk 2 tahun, kecerdasan, stimulus lingkungan, CPM

Peneliti Utama : Herta Masthalina, SKM, MPH

Anggota Peneliti :

1.Taufiqurrahman, SKM, MPH

2. Irianto, SKM, MPH

Tentang jurnalgiziprima

Jurnal gizi prima
Pos ini dipublikasikan di Peneltian tahun 2011. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s