EFEKTIFITAS METODE “HOME FEEDING COURSE” (HFC) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN IBU DAN BERAT BADAN ANAK BALITA BGM DI PUSKESMAS PERAMPUAN KAB. LOMBOK BARAT

Latar  belakang. Hasil RISKESDAS tahun 2007, untuk masalah gizi kurang dan buruk masih menempatkan Propinsi NTB khususnya Kabupaten Lombok Barat jauh dari traget pencapaian nasional tahun 2015 yaitu 18, 5%, sedangkan angka TB 24,8% dan Kabupaten Lombok Barat 27,6%.

Tujuan. Mengetahui efektifitas Metode “Home Feeding Course” Terhadap Peningkatan Keterampilan Ibu dan Berat Badan  Anak Balita BGM di Wilayah Puskesmas Perampuan. Metode. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Puskesmas Perampuan, Lobar. Penelitian merupakan Pre-Experiment, menggunakan rancangan longitudinal pretest dan  post-test one  group design dan dilanjutkan dengan analisis kualitatif.  Besar sampel adalah 25 orang. Analisis data menggunakan paired t test (uji t berpasangan).

Hasil penelitian. Rata-rata skor pengetahuan ibu meningkat menjadi 72,12 poin setelah diberikan kursus. Peningkatan ini cukup bermakna, hal ini dapat terlihat dari hasil uji statistik (paired t test) p=0,00 (p<α=0,05). Terjadi peningkatan BB sebesar 220 gr dan tinggi badan  sebesar 1,04 cm pada anak balita. Berdasarkan uji paired t test terhadap perubahan berat badan dan tinggi badan sebelum dan setelah pemberian keterampilan menunjukkan ada perbedaan yang bermakna (p<0,05).

Kesimpulan dan saran. Pemberian kursus pengolahan makanan di rumah ibu balita (HFC) efektif untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, berat badan dan tinggi badan anak balita. Program peningkatan sumber daya manusia (SDM) kepada masyarakat khususnya kepada ibu balita baik melalui pemberian kursus seperti HFC atau melalui kelas ibu (KGM) tetap terus dilanjutkan karena dampak positif dari program ini banyak dengan lebih menyempurnakan kekurangan yang ada sehingga program ini dapat terlaksana dengan tepat baik jumlah maupun sasaran

Kata Kunci: Metode HFC, Keterampilan Ibu Balita, Berat Badan.

Peneliti Utama : Ni Ketut Sri Sulendri, SST, MPH

Anggota Peneliti :

1.Lalu Khairul Abdi, SKM, M.Kes

2. Susilo Wirawan, SKM, MPH

3. Luh Suranadi, SKM, M.Si

Tentang jurnalgiziprima

Jurnal gizi prima
Pos ini dipublikasikan di Peneltian tahun 2011. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s