UJI SIFAT KIMIA TEPUNG DAUN KELOR (Moringa oleifera) DAN UJI ORGANOLEPTIK FORMULA TEPUNG DAUN KELOR LOKAL LOMBOK – NTB

Salah satu jenis tanaman lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai pangan potensial adalah tanaman kelor. Daun kelor di masing-masing negara (Niger, India, dan Nicaragua) memiliki kandungan zat gizi yang berbeda. Demikian juga kandungan nutrisi daun kelor segar dan daun kelor yang dibuat  tepung berbeda, dimana tepung daun kelor memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari pada daun kelor segar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat kimia tepung daun kelor (Moringa  keloroleifera)  dan sifat organoleptik formula tepung daun kelor di Mataram – NTB.

Penelitian ini bersifat eksperimen dengan disain Rancangan Acak Lengkap, Sampel adalah tepung daun kelor yang dibuat dari daun muda tanaman kelor yang tumbuh di Kota Mataram-Lombok-NTB.  Uji sifat kimia dilakukan pada tepung daun kelor di Laboraroium Hayati Universitas Brawijaya dan uji organoleptik dilakukan pada formula tepung daun kelor di Laboratorium Teknologi Pangan Jurusan Gizi Mataram.

Uji sifat kimia tepung daun kelor sebagai bahan tambahan tepung daun kelor  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kandungan protein dan karbohidrat puding kelor. Tepung daun kelor sebagai bahan tambahan formula tepung daun kelor memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sifat organoleptik. Taraf perlakuan yang paling disukai dalam produk formula tepung daun kelor ini adalah formula dengan tambahan tepung daun kelor sebesar 5 gram.

Perlu dilakukan pengkajian terhadap kandungan zat gizi mikro (mikronutrien) pada puding kelor untuk kemudian dimanfaatkan dalam upaya pemeliharaan kesehatan, khususnya penanganan masalah gizi kurang dan buruk

Kata Kunci : Tepung Daun Kelor, Sifat   Kimia, Sifat Organoleptik, Varietas kelor putih. 

Peneliti Utama : TAUFIQURRAHMAN, S.K.M., M.P.H.

Anggota Peneliti :

1. ALADHIANA CAHYANINGRUM, A.G.K., S.P., M.Kes.

2. I NYOMAN ADIYASA, S.K.M., M.P.H.

3. LIDYA RATNA HANDAYANI, S.Gz.

 

Tentang jurnalgiziprima

Jurnal gizi prima
Pos ini dipublikasikan di Penelitian tahun 2010. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s