PENGARUH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) PADA ANAK BALITA BGM MELALUI METODE KELOMPOK GIZI TERHADAP PENINGKATAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI KECAMATAN GUNUNG SARI

Latar  belakang. Hasil RISKESDAS tahun 2007, untuk masalah gizi kurang dan buruk masih menempatkan Propinsi NTB khususnya Kabupaten Lombok Barat jauh dari traget pencapaian nasional tahun 2015 yaitu 18, 5%, sedangkan angka TB 24,8% dan Kabupaten Lombok Barat 27,6%.

Tujuan. Untuk mengetahui pengaruh pemberian makanan tambahan (PMT) pada anak Anak Balita BGM melalui Metode kelompok gizi terhadap peningkatan status gizi anak Anak Balita.

Metode. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Gunung Sari, Lobar. Penelitian merupakan Quasi Experiment, dengan rancangan  longitudinal pretest dan  posttest control group design. Besar sampel 30 orang (15 Anak Balita sampel dan 15 Anak Balita control). Analisis data menggunakan paired t test (uji t berpasangan dan independent t test.

Hasil penelitian. Tidak terdapat perbedaan status gizi yang signifikan antara sebelum dan sesudah intervensi pada anak Anak Balita dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan juga antara status gizi pada anak Anak Balita kelompok Perlakuan dengan Kel. Kontrol.

Kesimpulan dan saran. Pemberian PMT MP-ASI kepada  Anak Balita BGM selama 30 hari belum dapat memperbaiki status gizinya baik dengan menggunakan metode Kelompok Gizi maupun tanpa metode Kelompok Gizi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk memperbaiki pelaksanaan program pemberian makanan tambahan MP-ASI kepada  Anak Balita. Program pemberian makanan tambahan MP-ASI kepada Anak Balita BGM dapat terus dilakukan dengan lebih menyempurnakan kekurangan yang ada terutama bila pelaksanaannya menggunakan metode Kelompok Gizi .

Kata Kunci: MP-ASI, Metode Kelompok Gizi, Status Gizi, Anak Balita.

Peneliti Utama : Lalu Khairul Abdi, SKM.,M.Kes.

Anggota Peneliti :

1. Ni Ketut Sri Sulendri, SST.,MPH

2. Taufiqurrahman, SKM.,MPH

3. I Nyoman Adiyasa, SKM.,MPH

Tentang jurnalgiziprima

Jurnal gizi prima
Pos ini dipublikasikan di Penelitian tahun 2010. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s