PEMANFAATAN APLIKASI ”GOOGLE EARTH” UNTUK MENGGAMBARKAN POLA PENYEBARAN ANAK BALITA DENGAN BERAT BADAN SANGAT KURANG DI WILAYAH KOTA MATARAM

Di Indonesia kasus Kurang Energi Protein (KEP) adalah salah satu masalah gizi utama yang masih banyak dijumpai pada balita. Kekurangan gizi pada bayi dan anak balita,  dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan spiritual, di mana gangguan tersebut dapat bersifat permanen dan sangat sulit untuk diperbaiki. Hal ini berdampak pada  rendahnya kualitas sumber daya manusia.

Penelitian dilakukan untuk menggambarkan lokasi anak  balita dengan BB sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara detail koordinat kasus dan pola penyebaran kasus serta menyajikannya menggunakan program aplikasi GE di Kota Mataram. Penelitian ini bersifat observasional deskriptif  yaitu dengan melihat dan menentukan lokasi tempat tinggal kasus anak balita dengan BB sangat kurang dan selanjutnya menyajikannya dengan menggunakan program aplikasi GE serta menggunakan tabel dan grafik.

    Dari keseluruhan kasus anak balita dengan BB sangat kurang yang diambil sebagian besar menderita penyakit lain (penyerta) yaitu sebanyak 9 balita. Terdapat penyebaran kasus yang cukup merata di hampir semua puskesmas yang ada. Lokasi yang menyebar menggambarkan bahwa pola penyebaran kasus secara geografis tidak memiliki pola tertentu. Namun dari hasil pengambilan data menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan kasus dengan BB sangat kurang ditemui pada keluarga dengan tingkat sosial ekonomi yang rendah.

  Beberapa hal yang dapat disarankan bagi kasus anak balita dengan BB sangat kurang antara lain supaya pemberian bantuan dapat lebih tepat sasaran apabila dalam bentuk dana agar dapat dijadikan modal usaha (investasi modal) karena bantuan makanan yang diberikan melalui puskesmas hanya bersifat sesaat saja dan tidak mengatasi akar permasalahan. Dalam skala yang lebih luas aplikasi GE dapat dipergunakan untuk keperluan advokasi kepada pihak-pihak lain yang berkepentingan (stake holder) seperti legislatif, eksekutif dan pihak swasta.

Kata Kunci : Anak Balita dengan BB sangat kurang, Aplikasi “Google Earth”

Peneliti Utama : SUSILO WIRAWAN, SKM, MPH

Anggota peneliti :

1. LALU KHAIRUL ABDI, SKM, M.Kes

2. NI KETUT SRI SULENDRI, SST, MPH

About these ads

Tentang jurnalgiziprima

Jurnal gizi prima
Tulisan ini dipublikasikan di Penelitian tahun 2010. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s